IP
Paid2YouTube.com

Selasa, 29 Desember 2009

PENTING ! Arah kiblat bisa berubah karena gempa ?!

kabah

Ya kemungkinan itu bisa terjadi, setidaknya itulah yang saya tau dari hasil pencarian informasinya. Bagi seorang muslim tentu saja arah kiblat amat sangat penting karena digunakan dalam sholat 5 waktu. Tapi tahukah anda bahwa kita harus mengecek atau memeriksa kembali keakuratan arah kiblat kita terutama untuk kita di Indonesia ? Karena seperti yang kita tahu sekarang ini di Indonesia sering sekali terjadi gempa baik dengan skala besar atau kecil.



Berikut ini informasi dari sumber mengatakan bahwa pergerakan aktif lempeng bumi dapat menyebabkan penyimpangan arah kiblat. Dalam paparan seminar ancaman gempa di tanah air yang diselenggarakan ITS Surabaya 21 Des, Dr. Amien Widodo ilmuwan pakar gempa mengungkapkan betapa dalam kondisi negeri yang sering terlanda gempa seperti halnya Indonesia dampak akibat pergerakan aktif lempeng bumi dapat menyebabkan terjadi pergeseran muka bumi hingga mencapai 7 cm per tahun. Oleh karenanya karena Indonesia terletak pada lokasi sabuk "Ring of Fire" yang memiliki aktifitas kegempaan yang sangat tinggi, maka pantas untuk menyadari adalah mungkin terjadi penyimpangan terhadap kiblat disetiap lokasi berdirinya mesjid.
Pendapat diatas disambut MUI Jatim seraya berharap agar kalangan ahli gempa untuk melaksanakan riset hingga dapat memetakan segala kondisi dengan seksama.
Dalam kajian sejumlah ilmuwan ahli ilmu kebumian dari BPPT serta LIPI pun memang pernah menyiarkan temuan terdapat pergeseran permukaan bumi rata-rata hingga -/+ 3 cm per tahun berdasar hasil pengukuran lapangan pada wilayah kawasan Sumateradan Jawa yang memang mengalami dampak tumbukan diantara lempeng Australia dan lempeng Asia.



gempa yg pernah terjadi di sumatera

Itulah kenapa pentingnya untuk kita selalu mengukur keakuratan arah kiblat, karena pendapat-pendapat dan hasil-hasil dari penelitian itu juga dibarengi dengan fakta yang memang gempa bumi di negeri kita ini seakan selalu menghampiri bertubi-tubi, seperti di Aceh dan Padang dan daerah-daerah lainnya. Entah di mana lagi akan terjadi karena memang kita terletak di kawasan rawan gempa. Tapi mudah mudahan semua ini tidak terjadi lagi di negeri ini yang menyebakan banyak menelan korban jiwa, dan harta benda. Tentu saja semua ini tidak akan terjadi kalau bukan atas kehendak Allah SWT. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha berikhtiar di jalan-NYA secara ilmiah dan agama untuk mencari tahu dan mempelajari dunia dan kehidupan ini untuk menambah keimanan dan ketakwaan kita.

Tidak ada komentar: